Jawaban Post Test Modul 1 Topik Kurikulum Merdeka, Makna Kurikulum dalam Pendidikan
Bayangkanlah sebuah ruang
kelas di mana belenggu ketertatapan digantikan oleh semarak eksplorasi, di mana
minat dan bakat siswa bukan sekadar hiasan tapi justru menjadi kompas navigasi
belajar. Ini bukan utopia, melainkan lanskap pendidikan yang digambar oleh
Kurikulum Merdeka, terobosan terbaru dalam sistem belajar-mengajar Indonesia.
Kurikulum Merdeka bukan
sekadar label, melainkan perubahan paradigma. Ia tak lagi memandang pendidikan
sebagai pengecoran massal, melainkan sebagai perajutan benang potensi individu
menjadi karya insan penuh warna. Di sini, makna kurikulum melampaui sekadar
panduan materi, ia menjelma menjadi katalis, pemicu, dan pendorong bagi peserta
didik untuk menemukan dan mengembangkan fitrah belajar mereka yang unik.
Mari kita selami kedalaman
makna kurikulum dalam bingkai Kurikulum Merdeka. Apa sesungguhnya esensi
perubahan ini? Bagaimana ia meredefinisi peran guru dan siswa dalam ekosistem
belajar? Dan tentu saja, ke manakah ia akan membawa pendidikan Indonesia
melangkah maju?
Berikut soal dan jawaban
post test modul 1, Topik Kurikulum Merdeka, Makna Kurikulum dalam Pendidikan,
mudah mudahan bisa bermanfaat untuk diri pribadi dan kita semua .
1. Kurikulum dapat dimaknai
sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
A. Benar
B. Salah
Jawaban
: B
2. Alasan utama mengapa
sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah ….
A. tidak semua guru memiliki
kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah
B. setiap satuan pendidikan
memiliki karakteristik yang berbeda
C. kurikulum yang
dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan
D. guru membutuhkan
kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah
Jawaban:
B
3. Dalam mewujudkan
pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan,
Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi
di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid
melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid
untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali….
A. meminta murid
mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
B. mengajak murid untuk
mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
C. mendorong murid untuk
memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut
D. mengajak murid untuk
melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda
Jawaban:
A
4. Bu Sondang mengajar di
sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang
mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang
mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan
dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah….
A. meminta murid untuk mengerjakan latihan
sesuai yang terdapat pada buku paket
B. melewati bagian latihan
tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya
C. mengajak murid untuk
melakukan pengawetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewani lainnya
D. mengajak murid untuk
melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya
Jawaban:
D
5. Pernyataan yang tepat
mengenai perubahan kurikulum adalah…
A. Kurikulum diubah untuk
memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
B. Perubahan kurikulum
merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri
C. Kurikulum diubah untuk
memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
D. Perubahan kurikulum harus
mengacu kepada pendidikan negara maju
Jawaban:
C
6. Sebagai salah satu kepala
sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti
kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di
sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara
tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya
lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut
kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran
yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju
dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. Pendapat yang tepat mengenai hal
yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah….
A. Hal tersebut tepat
dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum
B. Hal tersebut tidak tepat
dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan
C. Hal tersebut akan
berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya
D. Hal tersebut dapat
dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid
Jawaban:
D
7. Berdasarkan hasil
analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka
Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:
1. berasal dari keluarga
petani dengan ekonomi menengah ke bawah
2. memilih untuk bekerja
atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
3. memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
4. memiliki ketertarikan dan
potensi pada bidang seni dan olah raga
Hal berikut dapat dilakukan
sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah
berdasarkan informasi di atas, kecuali....
A. Mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang
seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada
B. Memasukkan pendidikan
seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini
C. Mengintegrasikan muatan
kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja
D. Melibatkan murid dalam
usaha penghijauan sekolah
Jawaban:
D
8. Berikut yang merupakan
hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan
pendidikan adalah...
A. Kondisi daerah satuan
pendidikan
B. Latar belakang ekonomi
murid
C. Sarana dan prasarana
satuan pendidikan
D. Semua benar
Jawaban:
D