Jawaban Post Test Modul 1 Topik Kurikulum Merdeka, Makna Kurikulum dalam Pendidikan

Bayangkanlah sebuah ruang kelas di mana belenggu ketertatapan digantikan oleh semarak eksplorasi, di mana minat dan bakat siswa bukan sekadar hiasan tapi justru menjadi kompas navigasi belajar. Ini bukan utopia, melainkan lanskap pendidikan yang digambar oleh Kurikulum Merdeka, terobosan terbaru dalam sistem belajar-mengajar Indonesia.

Kurikulum Merdeka bukan sekadar label, melainkan perubahan paradigma. Ia tak lagi memandang pendidikan sebagai pengecoran massal, melainkan sebagai perajutan benang potensi individu menjadi karya insan penuh warna. Di sini, makna kurikulum melampaui sekadar panduan materi, ia menjelma menjadi katalis, pemicu, dan pendorong bagi peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan fitrah belajar mereka yang unik.

Mari kita selami kedalaman makna kurikulum dalam bingkai Kurikulum Merdeka. Apa sesungguhnya esensi perubahan ini? Bagaimana ia meredefinisi peran guru dan siswa dalam ekosistem belajar? Dan tentu saja, ke manakah ia akan membawa pendidikan Indonesia melangkah maju?

 



Berikut soal dan jawaban post test modul 1, Topik Kurikulum Merdeka, Makna Kurikulum dalam Pendidikan, mudah mudahan bisa bermanfaat untuk diri pribadi dan kita semua .

 

1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.

A. Benar

B. Salah

Jawaban : B

 

2. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah ….

A. tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah

B. setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda

C. kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan

D. guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah

Jawaban: B

 

3. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali….

A. meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan

B. mengajak murid untuk mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan

C. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut

D. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda

Jawaban: A

 

4. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah….

 A. meminta murid untuk mengerjakan latihan sesuai yang terdapat pada buku paket

B. melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya

C. mengajak murid untuk melakukan pengawetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewani lainnya

D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya

Jawaban: D

 

5. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah…

A. Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid

B. Perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri

C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman

D. Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju

Jawaban: C

 

6. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah….

A. Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum

B. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan

C. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya

D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid

Jawaban: D

 

7. Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:

1. berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah

2. memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

 3. memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas

4. memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga

Hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali....

 

 A. Mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada

B. Memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini

C. Mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja

D. Melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Jawaban: D

 

8. Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah...

A. Kondisi daerah satuan pendidikan

B. Latar belakang ekonomi murid

C. Sarana dan prasarana satuan pendidikan

D. Semua benar

Jawaban: D




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url